Monday 11 April 2022

Contoh Laporan Pengembangan Diri Penulisan Artikel Ilmiah


 

LAPORAN

PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH POPULER DI MEDIA MASSA

 

8 Maret s.d. 10 Maret 2020

 

 

NAMA            : RINA SUSANTI, S.Pd.SD.

NIP                  : 19850512 201406 2 004


 

PEMERINTAH KABUPATEN BANJARNEGARA

DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN BANJARNEGARA

SD NEGERI 4 TLAGA

2020

 

 

IDENTITAS GURU

 Nama                                       : RINA SUSANTI, S.Pd.SD.

NIP                                         : 19850512 201406 2 004

Tempat Tanggal Lahir             : Banjarnegara, 12 Mei 1985

Jenis Kelamin                          : Perempuan

Pangkat/Gol Ruang                : Penata Muda TK I, III/b

Jenis Guru                               : Guru Kelas

Alamat Sekolah                       : Desa Tlaga Kec. Punggelan Kab. Banjarnegara

Alamat Rumah                        : Desa Petuguran Kec. Punggelan Kab. Banjarnegara

 

LAPORAN

PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH POPULER DI MEDIA MASSA

 8 Maret s.d. 10 Maret 2020

 

 

Disyahkan Oleh:

Kepala Sekolah

 

  

LESTONO, S.Pd.

NIP. 19680420 199310 1 001

 

 

Penyusun

 

  

RINA SUSANTI, S.Pd.SD.

NIP. 19850512 201406 2 004

 

BAB  I

BAGIAN AWAL

 

A.      Nama Kegiatan

“Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa”

 

B.       Waktu Pelaksanaan Kegiatan

“Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa” dilaksanakan pada Tanggal 8 s.d. 10 Maret 2020 dengan pola 30 Jam (@ 45 menit)..

 

C.      Tempat Pelaksanaan Kegiatan

“Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa” dilaksanakan di Gedung PGRI Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

 

D.      Tujuan Penyelenggaraan

“Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa”  memiliki tujuan sebagai berikut:

1.         Memberikan Pengetahuan tentang cara penulisan karya ilmiah popular di media masa dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

2.         Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang penulisan opini pendidikan di media massa.

3.         Memberikan wawasan tentang PKB Guru dan angka kreditnya.

4.         Memberikan wawasan tentang teknik dasar jurnalistik.

5.         Memberikan pengetahuan tetang proses editing penulisan artikel ilmiah popular.

 

E.       Lama Waktu Pelaksanaan Kegiatan

“Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa”  dilaksanakan pada Tanggal 8 s.d. 10 Maret 2020 dengan pola 30 Jam (@ 45 menit). Pelaksanaan tatap muka tanggal 8 Maret dan pelaksanaan On Service pada tanggal 9 – 10 Maret 2020.

 

BAB II

BAGIAN ISI

A.      Uraian Rinci dari Tujuan kegiatan  yang dilakukan

Secara terperinci uraian tujuan kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Guru diharapkan mampu menulis karya ilmiah popular di media massa.

2.    Guru diharapkan mampu membuat/menulis opini tentang pendidikan di media massa.

3.    Guru diharapkan mengetahui tentang aturan PKB dan angka kreditnya.

4.    Guru diharapkan mengetahui tentang teknik jurnalistik untuk di tularkan pada peserta didik.

5.    Guru diharapkan mengetahui proses editing penulisan artikel ilmiah popular di media massa.

 

B.       Penjelasan Isi Materi yang disajikan dalam Kegiatan “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa”.

Materi dan Struktur Program yang disajikan adalah :

No

Materi

Alokasi Waktu

1

Pembukaan

1 Jam

2.

Kebijakan umum pendidikan

2 Jam

3.

Pengantar umum penulisan opini pendidikan

4 Jam

4.

PKB Guru dan angka kreditnya

2 Jam

5.

Teknik dasar jurnalistik

2 Jam

6.

Menulis artikel ilmiah popular di media massa

2 Jam

7.

Praktik kepenulisan dan pendampingan editing artikel

4 Jam

8.

Undang-undang pers

2 Jam

9.

Bimbingan online

10 Jam

10.

Penutup

1 Jam

Jumlah

30 Jam

 

 C.      Tindak Lanjut yang Akan atau Telah dilaksanakan oleh Guru Peserta kegiatan Berdasarkan hasil dari Mengikuti kegiatan tersebut

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan kegiatan “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa”     :

1.         Guru mampu membuat artikel populer tentang pendidikan di media massa.

2.         Mengevaluasi sejauh mana Guru menindaklanjuti hasil yang diperoleh dari hasil  “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa” 

3.         Mengevaluasi sejauh mana tingkat keberhasilan guru dalam membuat artikel setelah diadakannya “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa” 

 

  1. Dampak Kegiatan “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa” 

Dampak yang diharapkan dari “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa   terhadap kegiatan pembelajaran sebagai berikut :

  1. Guru dapat dengan mudah menciptakan inovasi pendidikan di sekolah masing-masing yang selanjutnya dibuat artikel ilmiah.
  2. Guru dengan mudah membuat alat peraga edukasi dalam pembelajaran guna pembuktian artikel yang ditulisnya .

3.    Guru dengan mudah menggunakan model-model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

4.    Guru dengan mudah mampu menulis artikel populer di media masa.

 

E.            Penutup

Kompetensi Guru baik Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, maupun Kompetensi Profesional perlu terus ditingkatkan dan diaktualisasikan.  Peningkatan profesionalitas guru dengan harapan Guru dapat melaksanakan  kegiatan belajar yang baik dan benar.

Dengan meningkatnya profesionalitas Guru diharapkan semakin meningkat motivasi, semangat pada peningkatan  Kinerjanya dan dapat bertindak lebih Profesional;

Dengan pelaksanaan “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa”  diharapkan Guru memiliki kemampuan yang lebih baik, sehingga Guru diharapkan  adanya peningkatan, pengetahuan, keterampilan  dan pemahaman yang lebih baik dalam  proses belajar mengajar dan dalam proses penulisan artikel ilmiah popular.


No comments:

Post a Comment