Guru SDN 1 Petuguran, Punggelan, Banjarnegara
Pajangan yang baik akan
mendorong siswa menggunakan indera penglihatannya untuk belajar dengan membaca
dan memanfaatkan pajangan. Jika setiap hari siswa melihat pajangan, hal itu
akan memperkuat proses belajar lebih terhayati oleh siswa. pajangan bermanfaat
untuk membina rasa percaya diri siswa dan memperdalam makna hasil belajar.
Kadang-kadang hasil karya siswa yang baik hanya disimpan setelah dinilai.
Padahal hasil karya siswa perlu dipajang dan dipamerkan pada seluruh kelas
sehingga siswa yang kurang mampu dapat termotivasi untuk belajar dan bekerja
lebih keras untuk mengasilkan karya yang
lebih baik.
Pajangan dapat mengembangkan
kreatifitas dan menumbuhkan imajinasi dalam berkarya. Contohnya untuk kelas 6 ketika
materi Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan, guru dan siswa dapat merancang
beberapa pajangan seperti gambar-gambar tumbuhan vegetatif alami yang
berkembangbiak dengan tunas, tunas adventif, geragih, rhizoma, dan lainnya. Kemudian
gambar-gambar tumbuhan vegetatif yang dikembangbiakkan secara buatan. Dan
tumbuhan-tumbuhan generatif yang dikotil ataupun monokotil. Atau gambar-gambar
hewan yang berkembangbiak dengan cara vegetatif maupun generatif. Pajangan
tersebut dapat menjadi bahan diskusi, membangkitkan minat belajar dan
membangkitkan semangat belajar siswa, karena pajangan menyediakan bahan-bahan
yang dapat dilihat, dibaca, dibahas, dan dilaporkan hasilnya.
Pajangan ditempatkan di
sudut kelas di mana hasil karya siswa dapat diletakkan di meja, rak, lemari,
digantung atau mengumpulkannya pada sebuah
map yang dimiliki oleh setiap siswa (portofolio). Pajangan juga dapat
ditempatkan di dinding-dinding kelas, tidak perlu pada suatu bagian sudut
tertentu dari kelas. Novak dan Gowman(1984)
menyebutnya istilah millieu untuk
mengistilahkan lingkungan fisik tempat belajar yang berarti konteks terjadinya
pengalaman belajar. Lingkungan ini termasuk keadaan ruangan, tata ruang dan
berbagai situasi fisik yang ada di sekitar kelas atau tempat berlangsungnya
proses pembelajaran. Dalam hal ini pajangan termasuk millieu, di mana guru harus memiliki keterampilan mengadakan
pajangan yang baik.
Syarat-syarat pajangan
yang baik adalah sebagai berikut: 1) pajangan memuat pesan yang hendak disampaikan dalam materi
pembelajaran secara jelas dan mudah dimengerti oleh siswa. 2) Pajangan merupakan hasil
kerja siswa yang menunjang kegiatan belajar dan pembelajaran. 3)
bagian-bagian yang dipamerkan mempunyai kaitan yang jelas antara bagian yang
satu dengan bagian lainnya dan disusun menurut urutan yang logis. 4)
Bagian-bagian yang diperlihatkan ditata rapi
dan menarik. 5) pada setiap bagian diberi keterangan yang jelas sehingga
dengan mudah dapat dibaca. 6) membuat tata tertib dan aturan
bersama untuk memelihara pajangan
No comments:
Post a Comment